Gusi Bengkak dan Sakit Gigi pada Anak Balita

You are currently viewing Gusi Bengkak dan Sakit Gigi pada Anak Balita

Halo moms. Apakah anak pernah menolak makan karena mengeluhkan sakit di gusinya? Apakah pernah melihat di gusi anak muncul sebuah benjolan atau bengkak seperti bisul? Apa ya yang harus dilakukan bila kondisi ini terjadi pada anak moms?

Yuk simak pembahasan berikut.

Tanda munculnya benjolan atau bisul di gusi anak dalam istilah medis disebut abses. Apa itu abses?

Abses Gigi 1

Sumber gambar: https://pixels.com/featured/dental-abscess-in-child-dr-p-marazziscience-photo-library.html

Abses gigi adalah terbentuknya kantung atau benjolan berisi nanah pada gigi yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang paling sering disebabkan oleh gigi berlubang. Abses gigi biasanya muncul pada ujung akar gigi. Infeksi bakteri penyebab abses gigi umumnya terjadi pada anak dengan kebersihan dan kesehatan gigi yang buruk. Nanah yang berkumpul pada benjolan, lambat laun akan terasa bertambah nyeri.

Tak hanya pada gigi, abses juga dapat menyebar ke bagian lain di mulut seperti gusi dan rahang, dan juga berbagai bagian tubuh, jika tidak segera diobati.

Abses Gigi 2

Sumber gambar: https://fineartamerica.com/featured/dental-abscess-in-a-child-dr-p-marazziscience-photo-library.html

Penyebab abses gigi

Penyebab munculnya abses gigi adalah berkembangnya bakteri pada rongga mulut yang dapat menyebar ke jaringan lunak dan tulang di sekitar gigi

Bakteri masuk ke dalam pulpa (saraf) gigi melalui gigi berlubang, retakan, atau pada tambalan yang bocor. Di dalam pulpa gigi sendiri terdapat pembuluh darah, saraf serta jaringan ikat. Infeksi bakteri ini menyebabkan jaringan pulpa mengalami kematian atau kerusakan. Kerusakan jaringan pulpa yang tidak dirawat menyebabkan radang pada ujung akar, yang disebuat sebagai abses.

Gambaran dari terbentuknya abses bisa terlihat dalam foto berikut

Abses Gigi 3

Sumber gambar: https://id.theasianparent.com/abses-gigi

Abses Gigi 4

Sumber gambar: https://www.barewalls.com/posters-art-prints/dental-abscess.html

Tanda dan Gejala Abses

Gejala abses yang paling mudah terlihat adalah pembengkakan merah di dalam mulut, pada gusi dekat gigi. Berikut tanda-tanda pada anak untuk mengetahui apakah itu adalah abses gigi:

• Kemerahan seperti jerawat/sariawan di dekat gigi
  • Gigi bisa berubah menjadi warna gelap (bila gigi anak pasca mengalami trauma/terjatuh)
  • Keluarnya nanah dari abses
  • Bisa terasa nyeri ataupun tidak
  • Rasa tidak enak di mulut
  • Pembengkakan gusi dan pipi

Nah, jadi jangan anggap remeh ya moms bila anak terdapat lubang / karies pada giginya. Karena infeksi dari bakteri pada lubang gigi anak bisa menyebar menjadi abses.

Lalu apabila terjadi apa yang perlu dilakukan?

Segera bawa anak untuk diperiksakan ke dokter gigi anak terdekat. Beberapa langkah pengobatan yang umumnya akan dilakukan dokter untuk mengatasi abses gigi adalah:

1. Mengeluarkan abses

Pada kondisi tertentu dokter akan membuat jakur keluarnya abses, baik dengan melakukan insisi/ sayatan kecil pada abses atau bisa dengan melakukan open akses pada gigi sehingga cairan pada abses bisa keluar melalui gigi.
  1. Melakukan perawatan saluran akar

Pada kondisi gigi yang dapat dipertahankan, dokter gigi akan melakukan prosedur perawatan saluran akar, yaitu membersihkan saluran akar dan memberikan obat saluran akar gigi sehingga bisa membantu mengurangi infeksi pada abses.
  1. Mencabut gigi yang terinfeksi

Jika memang kondisi gigi tidak dapat diselamatkan, maka gigi yang terkena abses sebaiknya dicabut

Jadi moms, penting sekali ya untuk tetap menjaga kesehatan gigi anak dan rutin melakukan kontrol gigi 3 – 6 bulan sekali agar kesehatan gigi anak tetap terus terpantau dan terhindar dari abses gigi. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

[push h=”30″]
Sumber: