Hallo moms, sebagai orangtua kadang bingung saat menyikatkan gigi anaknya, karena anak menolak bahkan memberontak. Kenapa ya? Sebenarnya apa sih yang menyebabkan anak menolak atau memberontak saat dibersihkan giginya. Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Anak belum terbiasa

    Sama halnya saat anak belajar makan, toilet training, ataupun saat belajar berjalan, semua membutuhkan proses. Begitu pula dengan mengajarkan anak menyikat gigi juga butuh proses, wajar bila anak menolak saat disikatkan giginya. Hal ini juga sebenarnya sesuai dengan fase tumbuh kembang anak usia batita, adanya pemberontakan dan penolakan dari anak ini muncul dari kebutuhan anak akan kontrol atas tubuhnya sendiri. Demikian juga saat anak memberontak disikatkan giginya, sebenarnya ia ingin memberitahukan orang tua bahwa ia memiliki kontrol atau otonomi atas mulutnya dan tidak ingin orang lain mengganggunya.Solusinya adalah terus konsisten menjelaskan ke anak bahwa kita sedang membantunya membersihkan gigi dari kotoran dan kuman, beri kesempatan anak menyikat gigi sendiri, dan selanjutnya orang tua menyikatkan.

 

  1. Masalah sensori pada anak 

    Ada 2 macam masalah sensori yang seringkali terjadi pada anak saat menyikat gigi. Pertama adalah anak hipersensitif terhadap rangsangan dari bulu sikat gigi. Sentuhan bulu sikat gigi ringan pada gusi dalam mulut menyebabkan anak merasa tidak nyaman. Hal ini sering terjadi pada anak ketika akan tumbuh gigi, anak dengan gangguan atensi (attention disorder) dan autisme. Solusinya adalah gunakan sikat gigi jari dari kain atau kain kassa steril untuk membersihkan gigi anak.Masalah kedua adalah sebaliknya, yaitu anak mencari-cari rangsang sensori dalam mulutnya. Ciri-cirinya anak suka sekali menggigit-gigit dan mengemut sikat gigi. Sebagai solusi orang tua dapat menggunakan 2 macam sikat gigi. Sikat gigi pertama adalah sikat gigi yang bulunya masih bagus dan rapih, untuk orang tua menyikatkan gigi anak, sikat gigi kedua digunakan untuk anak menggigit-gigit.

  2. Kondisi Lip Tie pada anak 

    Apabila anak terlihat seperti kesakitan saat disikatkan gigi depan atas coba cek lebih lanjut dan perhatikan apakah ada kondisi Lip Tie seperti yang terlihat pada foto di bawah ini. Lip tie adalah kondisi dimana selaput (frenulum) yang menghubungkan antara bibir atas dan gusi terlalu kencang atau terlalu mengikat pergerakan bibir. Anak dengan kondisi tersebut akan merasa sakit dan tidak nyaman saat giginya dibersihkan.

Sumber gambar: https://www.tonguetieperth.com.au/can-a-lip-tie-cause-speech-problems/

 

  1. Gigi berlubang 

    Gigi berlubang yang dibiarkan dan tidak dirawat juga dapat menimbulkan sakit saat terkena sikat gigi, terutama jika gigi berlubang dalam, kena syaraf, gusi bengkak, polip pulpa dsbnya. Oleh sebab itu jika anak memiliki gigi berlubang, terutama lubang besar atau dalam, sebaiknya dirawat di dokter gigi terlebih dahulu.
    Contoh gambaran polip pulpa yang sering terjadi pada anak dan dapat menimbulkan sakit & mudah berdarah saat menyikat gigi.

Demikian beberapa penyebab anak memberontak saat disikat giginya, kira-kira anak moms termasuk yang mana ya? Share di Comment ya… Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk baca artikel Tips Mengatasi Anak Berontak Saat Sikat Gigi.

 

Sumber:

  1. http://kidzdental.co.id/2019/03/tips-mengatasi-anak-sulit-sikat-gigi/
  2. https://www.colgate.com/en-us/oral-health/life-stages/infant-kids/how-to-help-a-child-not-brushing-teeth-0815
  3. https://www.whattoexpect.com/toddler/behavior/resisting-toothbrushing.aspx
  4. https://www.washingtonparent.com/articles/1702/1702-why-kids-hate-to-brush-their-teeth.php

Ditulis oleh: drg Laila Novpriati & drg Melissa Antonia, Sp.KGA

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

For emergency cases        0858 8329 9150