Selain di klinik gigi biasa, perawatan gigi anak juga dapat dilakukan di ruang operasi dengan bius umum (general anaesthesia). Kondisi apa sajakah yang dapat dilakukan dengan bius umum?

  1. Anak yg masih sangat muda, belum dapat kooperatif.

Anak batita (kurang dari 3 tahun) pada umumnya sulit untuk koopertif jika harus melakukan prosedur perawatan gigi yang kompleks.  

  1. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) / Special Needs Children. 

ABK adalah anak yangg mengalami penyimpangan tumbuh kembang (fisik, mental, intelektual, sosial maupun emosional) dibandingkan anak-anak seusianya. Misalnya : anak autism, Sindroma Down, Cerebral Palsy, anak dengan kelainan jantung, darah dll. Keterbatasan fisik, mental, motorik, dan psikologis inilah yg membuat ABK tidak mampu kooperatif dirawat giginya di dokter gigi. 

  1. Anak yg pernah trauma sebelumnya ke Dokter Gigi.

Anak yg pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan di dokter gigi, tentunya tidak mudah untuk mempercayai dokter gigi selanjutnya. Seringkali anak tetap tidak mau meskipun sudah dibujuk sedemikian rupa, padahal penyakit gigi & mulutnya harus dilakukan perawatan segera.

  1. Anak dalam keadaan sakit gigi parah/banyak sekali gigi yg rusak, tapi tidak dapat menuntaskan seluruh perawatan karena keterbatasan waktu, lokasi rumah & klinik jauh dsbnya.

Anak dalam keadaan sakit akan sangat sulit untuk kooperatif. Hal ini semakin sulit jika karena keterbatasan waktu anak tidak dapat datang teratur ke klinik gigi untuk menuntaskan semua perawatannya. Terlebih jika jarak antara rumah & klinik gigi cukup jauh, atau bahkan di kota yg berlainan.

 

 

Apakah perawatan gigi anak dengan bius umum ?

Perawatan gigi yang dilakukan sama dengan yang dilakukan di klinik gigi biasa, misalnya : penambalan, perawatan saraf, pencabutan dll. Yang membedakannya adalah dilakukan dengan bius umum anak tertidur di ruang operasi. 

Pada perawatan ini, seluruh gigi yang bermasalah pada seorang anak akan dikerjakan sekaligus sehingga tidak perlu bolak balik ke dokter gigi. 

 

Apakah prosedur ini sudah lazim dilakukan?

Di Indonesia mungkin prosedur ini belum banyak dilakukan, namun di negara-negara maju seperti : Singapura, Australia, Amerika, Jerman dll prosedur ini sudah sangat lazim.

 

Apa keuntungan prosedur perawatan gigi dengan bius umum?

  1. Efektif untuk anak yang tidak mampu kooperatif

Untuk anak yg tidak dapat kooperatif & memiliki lebih dari 4 gigi bermasalah, prosedur ini adalah solusi yg sangat tepat dan efektif.

 

  1. Efisien waktu

Anak dengan dengan banyak gigi yang harus dirawat, lokasi rumah jauh dari klinik kami, atau bahkan tinggal di luar kota, tentunya tidak memungkinkan untuk bolak balik perawatan gigi. 

Dengan bius umum semua gigi dapat dilakukan perawatan sekaligus, sehingga atidak perlu bolak balik ke dokter gigi.

 

Siapa yang akan melakukan prosedur tersebut?

Prosedur ini akan dilakukan oleh tim dokter anestesi, dokter gigi spesialis gigi anak (SpKGA) & dokter gigi spesialis lainnya bila dibutuhkan.

 

Apakah resiko dari perawatan gigi dengan bius umum?

Obat anestesi modern yg saat ini digunakan sudah sangat aman dan jarang menimbulkan komplikasi. Dokter anestesi yg melakukan juga dokter yg sudah berpengalaman dan terlatih untuk menghadapi segala komplikasi.

Resiko dalam setiap tindakan medis tentulah tetap ada, namun jika anak dalam keadaan sehat, dan tindakan gigi juga termasuk TIDAK rumit dan TIDAK mengancam nyawa. AAPD (American Academy of Paediatric Dentistry) menyatakan perawatan gigi dengan bius umum memiliki resiko yg sangat kecil, yaitu 1 : 400.000.

Selain itu sebelum prosedur ini dilakukan, kondisi anak diperiksa dahulu secara keseluruhan untuk memastikan prosedur bius umum dapat dilakukan dengan aman.

Berapa biaya perawatan gigi untuk bius umum?

Biaya tergantung dari banyaknya kasus gigi yang harus dikerjakan. Sebelumnya pasien wajib datang & diperiksa langsung oleh dokter gigi anak kami di Siloam Kebon Jeruk selain untuk pemeriksaan juga untuk informasi biaya. Biasanya biaya berkisar antara 10-30 juta rupiah. 

Bagaimana prosedurnya? 

Pasien wajib datang untuk diperiksa oleh dokter gigi anak, di salah satu klinik kami, atau langsung di Kidz Dental Siloam Kebon Jeruk. Dokter akan menjelaskan prosedur lebih lanjut. 

Untuk pasien dari luar kota, sebelum datang ke Jakarta disarankan melakukan berkomunikasi & mengirim foto gigi dulu pada dokter gigi anak kami via admin. 

Nah, demikian informasi tentang Perawatan Gigi Anak dengan Bius Umum. Bila ayah & bunda tertarik mengetahui lebih lanjut tentang prosedur ini, dapat langsung buat janji dengan admin Kidz Dental Siloam Kebon Jeruk di : 0888-8021-657 https://bit.ly/36UEPeK 

  1. February 22, 2019

    Salaam kenal dok…
    Anak sy umur 6thn..dengan kasus rampan karies..Dan sangat tidak kooperatif (trauma sakit saat penanganan cabut gigi oleh drg sblmnya)..saat ini ada 2akar tembus..abses..penumpukan Gigi
    Setiap dibawa k drg selalu sulit ditangani (sering sia2)
    Sepertinya penanganan dengan bius umum cocok untuk merawat Gigi nya..tapi kendala nya lokasi saya di bandung dok…apa ada cabang bandung??Dan untuk biayanya berapa dok??

    • April 13, 2019

      Hallo mom Tine…

      Mohon maaf baru membalas ya… bagaimana apakah mom sudah menemukan solusinya? Untuk di Bandung bisa datang ke FKG Unpad ya mom. Disana setahu saya drg2 nya sudah pengalaman sekali & banyak mengerjakan kasus2 dengan bius umum
      Semoga membantu ya… terima kasih

  2. May 22, 2019

    anak saya usia 8 thn 3 bln dgn kondisi gigi permanen graham lubang 4 dan gigi depan 4 juga uda berkubang kecil dimana anak saya sangat tidak koperatif ke dokter gigi pernah beberapa kali tetapi sering gagal dan u gigi susunya juga sudah pada rusak(anak abk)

    • August 12, 2019

      Hallo Mom Ratna…

      Untuk anak ABK dengan kelainan gigi yang parah dan tidak kooperatif, maka dapat dilakukan perawatan gigi dengan bius umum. Jika mom berlokasi di Jakarta dapat datang langsung ke Center kami Kidz Dental at Siloam Kebon Jeruk. Terima kasih

  3. July 27, 2019

    Selam kenal dok, anak saya umur 18bulan. Gigi depan karies dan sangat tidak kooperatif dibawa ke dokter. Plus giginya patah Krn sering jatuh. Saya jadi khawatir, saya ke dokter gigi malah tidak dapet melakukan apa apa. Dapatkah memberikan solusi untuk di Jogja klinik yg memberikan bius lokal tsb. Terimakasih

  4. August 22, 2019

    Halo dok..
    Berapa biaya perawatan gigi anak berkebutuhan khusus dgn tindakan bius ..

    • December 15, 2019

      Hallo…

      Untuk biaya perawatan gigi anak dengan bius total mulai dari 15 juta rupiah, tergantung banyaknya Kasus gigi yg harus dirawat. Untuk mendapatkan perkiraan biaya lengkap, sila datang langsung konsultasi dengan dokter gigi kami di Kidz Dental Siloam Kebon Jeruk. Terima kasih

  5. July 7, 2021

    apa bisa prosedur pencabutan gigi impaksi dan perawatan geraham berlubang untuk dewasa dengan bius umum ?

    • August 30, 2021

      Hallo pak Marton,

      pada prinsipnya bisa saja, namun bapak harus berkonsultasi dulu dengan drg Spesialis Bedah Mulut yg akan melakukan ya pak. Terima kasih

  6. December 18, 2021

    Hallo dokter, izin bertanya ya. Anak saya umur 5,5 tahun giginya rusak parah. Sama sekali gmau k dokter gigi Krn pernah trauma. Klo mau yg metode bius umum itu d Bandung kisaran berapa y biayanya? Terimakasih 🙂🙏

    • March 28, 2022

      Hallo mom Dewi,

      untuk prosedur bius umum saat ini hanya ada di Kidz dental siloam kebon jeruk. Mom bisa mencoba dahulu ke cabang kami di Kidz Dental Bandung, karena banyak anak2 yg berhasil dilakukan pendekatan setelah sebelumnya juga mengalami trauma. Jika tidak berhasil, nanti dokter gigi Bandung akan merujuk ke SIloam kebon jeruk

  7. February 22, 2022

    Halo Dok, anak sy umur 9tahun anak berkebutuhan khusus, giginya rusak n berlubang ada 6 gigi gimana caranya supaya bisa dicabut giginya? Apakah tidak berbahaya bagi si anak apabila dilakukan pencabutan gigi sekaligus 6 gigi?

    • March 28, 2022

      Halo pak Edi,
      sebaiknya dibawa cek ya untuk memastikan apakan kasusnya memang harus dicabut atau tidak, dan melalui prosedur apa. Silakan hubungi admin kami Kidz Dental Siloam Kebon Jeruk di WA : https://api.whatsapp.com/send?phone=628888021657

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Copyright 2022 | All Right Reserved | Owned by PT PURI DENTAL KIDZ

Ruko Golden Madrid 1 Blok B No. 18 Seberang Pasar Modern BSD City | Telp : 021-531 604 31