Sariawan merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Setiap kali sariawan datang pasti timbul rasa yang tidak nyaman di mulut, atau bahkan sampai susah untuk berbicara. Kira-kira apa yaa penyebabnya? Dan bagaimana jika sariawan tersebut tidak kunjung sembuh? Yuk simak artikel mindok berikut ini!

Artikel Sariawan2

Gambaran tentang ciri-ciri sariawan

Sariawan atau ulserasi pada rongga mulut adalah luka yang membuat lapisan terluar pada mulut kita terkelupas, sehingga menimbulkan rasa sakit pada mulut.

Pada umumnya, sariawan berwarna putih kekuningan dan dikelilingi warna merah di tepinya. Sariawan dapat berbentuk bulat, lonjong, memiliki tepi beraturan, maupun tidak beraturan. Ukuran sariawan pun juga bervariasi, mulai dari yang titik-titik kecil sampai yang berukuran lebih dari 1 cm. Sariawan dapat terjadi pada berbagai usia.

Penyebab sariawan secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. TraumaJenis sariawan ini disebut dengan ulserasi traumatik, dan dapat hilang dengan sendirinya atau saat penyebabnya dapat dihilangkan. Misalnya, jika sariawan terjadi karena terkena sisa akar yang tajam. Mencabut sisa akar tersebut akan menghilangkan kemungkinan sariawan terjadi kembali. Contoh lainnya yaitu:
  • Tergigit saat makan.
  • Terkena sikat gigi.
  • Begesekkan dengan gigi yang tajam.
  1. Sariawan juga dapat terjadi berulang kali, ini dinamakan dengan recurrent aphthous stomatitis. Hal ini dapat berkaitan dengan:
  • Hormon.
    Pada perempuan berkaitan dengan menstruasi.
  • Keturunan.
    Terdapat keluarga yang memiliki riwayat sariawan berulang.
  • Defisiensi Nutrisi.
    Berkaitan dengan kekurangan asam folat, vitamin B12, dan zat besi.
  • Psikologis.
    Stress, gangguan kecemasan, ditemukan dapat memicu timbulnya sariawan berulang.

Umumnya sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, sehingga tidak memerlukan perawatan lebih lanjut. Namun, untuk mengurangi rasa tidak nyaman, dokter gigi dapat memberikan salep untuk mengurangi sakit dan melapisi sariawan.

Segera cek ke dokter gigi atau dokter gigi Spesialis Penyakit Mulut jika mengalami hal-hal seperti ini:

  1. Sariawan tidak sembuh lebih dari 2 minggu.
  2. Disertai demam dan rasa tidak enak badan.
  3. Sariawan berulang terus menerus.

Karena beda penyebab, beda pula terapinya, jadi sebaiknya dicari terlebih dahulu penyebabnya apa yaa parents, dan jangan coba sembarangan obat.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Copyright 2022 | All Right Reserved | Owned by PT PURI DENTAL KIDZ

Ruko Golden Madrid 1 Blok B No. 18 Seberang Pasar Modern BSD City | Telp : 021-531 604 31