Minyak Kelapa Mencegah Gigi Berlubang

Halo, parents! Baru kali ini mindok ditanyain soal minyak kelapa, yang katanya kumur-kumur dan sikat gigi pakai VCO (Virgin Coconut Oil) alias minyak kelapa itu bisa mencegah gigi berlubang. Kira-kira benar tidak yaa? Yuk kita bahas!

Jadi, parents. Asal muasal adanya tren ini yaitu dari pengobatan tradisional di India yang bernama Ayurveda. Dasar pemikirannya karena VCO ini memang dikenal punya kandungan yang berperan sebagai antiinflamasi, antibakteri, antijamur. Terdengar keren bukan? Katanya, dengan kemampuan ini VCO  jadi bisa sekali menghilangkan bakteri di rongga mulut yang dapat menyebabkan lubang pada gigi.

Karena tren ini hype banget, jadi banyak ilmuwan yang meneliti hal ini. Beberapa penelitian di India menunjukkan kalau ternyata benar, kumur-kumur dengan VCO ini bisa mengurangi jumlah bakteri dari plak di rongga mulut. Penelitian oleh Saputra, et al. di Indonesia juga menyatakan hal yang sama.

Tetapi, sejauh ini belum ada penelitian dan bukti kuat yang menyatakan kalau kumur-kumur atau sikat gigi dengan VCO bisa mencegah gigi berlubang.

Alasannya adalah karena lubang pada gigi adalah penyakit multifaktor, alias sebabnya banyak. Tidak hanya cuma karena satu hal saja. Bisa karena bakteri, makanan, ludah, waktu, kebiasaan menyikat gigi, banyak sekali! Tidak cukup mengeliminasi satu faktor saja, akan tetapi harus menyeimbangkan faktor penyebab dan faktor pelindung.

Lalu faktor pelindungnya apa dok? Fluoride! Mindok dan semua dokter gigi tidak akan pernah bosan mengingatkan untuk sikat gigi dengan pasta gigi ber-fluoride.

Berarti harus pakai fluoride dok? Ya, betul! Fluoride punya bantuan spesifik untuk berikatan dengan struktur gigi dan membuat gigi lebih tahan terhadap terjadinya lubang. Sampai sekarang, belum ada zat lain yang sama canggihnya sama fluoride untuk memberi perlindungan ini untuk gigi.

Jadi kesimpulannya, VCO dapat mencegah gigi berlubang itu mitos yaa, parents! Betul sih VCO dapat mengurangi jumlah bakteri dan plak, tapi kalau giginya tidak dibersihkan dulu dan dilindungi dengan fluoride, maka VCO tidak akan berfungsi apa-apa. Percaya deh, parents! Sikat gigi dengan pasta gigi ber-fluoride itu cara paling ampuh, mudah dan murah untuk mencegah gigi berlubang.

Ingat, tidak semua yang alami itu bagus yaa parents. Semuanya kembali lagi tergantung kegunaannya untuk apa. Salah satunya VCO ini, atau biasa disebut minyak kelapa. Memang sih alami dan khasiatnya bagus, tapi kalau untuk sikat gigi dan mencegah karies belum tentu yaa, parents!

Di dalam dunia kesehatan, kedokteran, farmasi, butuh penelitian yang valid dan berjilid-jilid, sampai akhirnya bisa diakui. Kalau suatu treatment/bahan itu memang efektif untuk suatu penyakit. Oleh sebab itu, harus hati-hati jika ada yang klaim “Obat/bahan baru efektif untuk penyakit tertentu…”

Sampai saat ini (Mei 2022) bahan yang terbukti dan diakui oleh para ahli di seluruh dunia, bisa memperkuat gigi dan mencegah karies adalah fluoride yaa, parents.

Bagi parents yang masih kebingungan terkait merk pasta gigi apa yang bagus untuk si kecil, yuk bisa baca artikel mindok https://kidzdental.co.id/2021/10/merk-pasta-gigi-apa-yang-bagus-buat-anak/

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Copyright 2022 | All Right Reserved | Owned by PT PURI DENTAL KIDZ

Ruko Golden Madrid 1 Blok B No. 18 Seberang Pasar Modern BSD City | Telp : 021-531 604 31