Bahaya Gigi Berlubang pada Anak 1

Bahaya Gigi Berlubang pada Anak 1

 

“Masih gigi susu kan dok yang lubang, gapapa kan?”

“Nanti juga digantikan giginya dok, ga perlu ditambel ya?”

Kami sering sekali mendapat pertanyaan seperti di atas. Banyak yang masih menganggap gigi susu anak tidaklah penting. Karena toh, nantinya akan digantikan dengan gigi tetap. Tapi tahukah moms, ternyata gigi susu anak sangat penting dijaga kesehatannya. Terdapat beberapa efek berbahaya bila gigi berlubang pada anak didiamkan saja. Apa saja ya? Simak penjelasannya berikut ya moms.

 

  1. Risiko gigi tetap akan tumbuh berantakan.

    Gigi susu yang berlubang dan tidak mendapatkan perawatan, lama kelamaan akan terinfeksi dan dapat tanggal sebelum waktu seharusnya. Gigi susu yang tanggal ini mengakibatkan gigi lain bergeser dan mempersempit ruangan untuk tumbuhnya gigi tetap. Maka gigi tetap yang akan tumbuh dapat beresiko tumbuh tidak seharusnya, posisi dan arahnya bergeser menyesuaikan sisa ruangan yang ada. Gigi tetap yang berantakan atau berjejal tentunya dapat menimbulkan masalah lain di kemudian hari karena akan akan lebih sulit untuk dibersihkan, meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang, gusi berdarah, secara estetis kurang baik dan sebagainya.

Risiko gigi tetap juga berlubang 2

Gambar gigi tetap yang miring dan menutup tempat gigi tetap sebelahnyaakibat gigi susu tanggal terlalu cepat.

 

  1. Risiko gigi tetap juga berlubang

    Pada gigi susu yang berlubang dan tidak dirawat, lama-kelamaan ia akan infeksi dan membuat gigi tetap di bawahnya rusak. Biasanya, akan timbul bisul pada gusi atau sering disebut abses. Oleh karenanya jika anak semasa kecilnya sudah mengalami gigi berlubang, maka saat ia dewasa gigi tetapnya juga berisiko berlubang. Selain itu saat anak memasuki periode gigi bercampur, dimana terdapat gigi susu dan gigi tetap dalam mulut anak, apabila banyak gigi susu berlubang, maka bakteri pada gigi berlubang tersebut bisa membuat gigi tetap yang telah tumbuh juga berlubang.

2.	Risiko gigi tetap juga berlubang 3

Gigi berlubang yang tidak dirawat menyebabkan infeksi dan dapat mengganggu pertumbuhan gigi tetap yang sedang berlangsung di dalamnya
  1. Nutrisi anak kurang optimal

    Pastinya sebagai orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam menjaga nutrisi anak demi tumbuh kembangnya berkembang dengan baik. Saat anak bermasalah dengan gigi, ia merasa sakit dan cenderung tidak mau mengunyah dan makan. Hal ini tentu mengganggu asupan nutrisi anak. Bahkan ada pula anak yang karena sakit gigi hanya mau makanan manis atau minum susu saja. Padahal hal ini dapat memperparah kondisi gigi anak.

  2. Menganggu kesehatan organ tubuh lainnya

    Tahukah moms, bahwa kesehatan gigi ternyata berpengaruh pada kondisi tubuh secara keseluruhan. Gangguan kesehatan gigi dan mulut bisa menjalar ke gangguan kesehatan lain seperti infeksi telinga atau sinus. Pembuluh darah di sekitar gusi tidak memiliki penutup dan berhubungan dengan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga jika terdapat infeksi, bakteri dapat turut serta aliran darah hingga masuk ke kepala atau bagian tubuh lainnya. Jadi moms, jangan sepelekan masalah gigi pada anak ya.

Setelah mengetahui bahaya yang dapat ditimbulkan dari gigi berlubang pada anak, semoga bisa membuat moms semua lebih waspada terhadap kesehatan gigi anak. Segera kunjungi dokter gigi anak terdekat untuk melakukan kontrol rutin dan jangan tunggu sampai sakit.

Sumber:

  1. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171027060436-255-251475/4-bahaya-gigi-berlubang-pada-anak
  2. https://bellharbourdental.com/cavities/dangers-of-tooth-decay-for-young-children/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3633299

Ditulis oleh: drg Melissa Antonia, Sp.KGA & drg Laila Novpriati

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

For emergency cases        0858 8329 9150