Gigi Susu 1

Gigi susu mulai tumbuh dan terlihat di usia 6 hingga 12 bulan. Umumnya anak-anak akan memiliki gigi susu yang berjumlah 20 buah, yang akan dicapai saat anak berusia kurang lebih 3 tahun. Seiring dengan berjalannya waktu, gigi susu akan tanggal satu per satu dan digantikan oleh gigi permanen yang berjumlah 32 buah.

Gigi Susu 1

Gambar 1. Contoh kasus persistensi gigi pada gigi depan rahang bawah.

 

Biasanya, gigi susu mulai tanggal dan digantikan dengan gigi permanen saat anak memasuki usia enam tahun. Di saat yang bersamaan, gigi permanen pun siap menggantikannya.

Gigi susu pertama yang tanggal biasanya dua gigi depan bawah dan dua gigi depan atas. Nantinya, akan diikuti oleh gigi seri samping, gigi molar pertama, gigi taring, dan gigi geraham kedua. Gigi bayi ini biasanya akan tetap di tempatnya sampai didorong oleh gigi permanen yang akan tumbuh, sehingga gigi susu akan mengalami goyang dan akhirnya tanggal dengan sendirinya.

Namun, pada kondisi tertentu gigi susu yang seharusnya tanggal malah menetap di gigi. Kondisi ini disebut juga persistensi gigi. Gigi susu yang tidak tanggal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti trauma, infeksi, adanya penghalang di tempat tumbuhnya gigi atau ketidakselarasan gigi permanen di bawahnya. Berbagai hal ini membuat gigi permanen akhirnya tidak berkembang dan akar gigi susunya tetap ada, tidak hilang atau tergantikan.

Apa akibat persistensi gigi jika didiamkan terlalu lama? Berikut beberapa resiko yang akan terjadi apabila persistensi gigi tidak dilakukan tindakan segera:

  1. Resiko terjadinya crossbite

    Pada gigi susu depan atas yang tidak juga tanggal dan akhirnya mengganggu tumbuhnya gigi tetap, maka dapat menimbulkan resiko crossbite atau gigitan silang, yaitu posisi gigi atas saat menggigit berada di belakang gigi bawah, seperti pada gambar berikut.
    Gigi Susu 2

    Gambar 2. Contoh gambaran crossbite (gigitan silang)

    Bandingkan dengan gambar berikut adalah contoh gambaran gigitan atau oklusi yang ideal.

    Gigi 3

    Gambar 3. Contoh gigitan ideal

 

  1. Resiko gigi tetap tumbuh berjejalResiko lain dari persistensi gigi susu yang dibiarkan adalah resiko gigi tetap tumbuh berjejal. Gigi yang berjejal dan tumpang tindih lebih sulit dibersihkan, sehingga lebih rentan terhadap karies (lubang gigi), penyakit periodontal (jaringan pendukung gigi), atau trauma.Gigi Susu 4
    Gambar 4. Contoh tampilan gigi berjejal

Jadi, bagaimana solusinya?

Solusi persistensi gigi susu atau gigi susu yang belum tanggal padahal gigi tetap sudah tumbuh adalah ekstraksi/ pencabutan gigi. Segera hubungi dokter gigi terdekat untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

Mengapa gigi susu tersebut perlu dicabut? Apakah tindakan menggoyangkan gigi tidak dapat membantu?

Gigi tersebut tidak akan tanggal dengan sendirinya meskipun sudah digoyang-goyangkan, oleh sebab itu harus dicabut menggunakan alat di dokter gigi.

Bagaimana pencabutan dilakukan jika gigi belum goyang? Apakah tidak sakit?

Untuk tindakan pencabutan gigi yang belum goyang di Klinik Kidz Dental Care and Orthodontic Clinic biasanya akan dilakukan anestesi lokal di gusi dekat gigi terlebih dahulu agar anak tetap nyaman saat proses pencabutan gigi. Orang tua tidak perlu khawatir karena tindakan ini tidak menimbulkan sakit. Dokter gigi akan memberikan obat anestesi oles terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan penyuntikan (anestesi lokal), sehingga saat penyuntikan pun tidak terasa sakit.

Selain itu dokter gigi juga akan menerangkan terlebih dahulu dengan bahasa yang mudah dimengerti anak dan tidak menakutkan, misalnya :

  1. Cabut gigi -> gigi bayi diambil supaya gigi dewasa bisa tumbuh dengan baik
  2. Suntik /anestesi lokal -> menyemprot gigi dengan obat tidur supaya tidak berasa dan bisa diambil

Demikian informasi yang dapat kami bagikan, segera hubungi dokter gigi terdekat jika si kecil mengalami hal tersebut, atau manfaatkan layanan konsultasi online dengan tim dokter gigi Kidz Dental bila masih khawatir ke dokter gigi.

Semoga artikelnya bermanfaat moms

Ditulis oleh: drg Melissa Antonia, Sp.KGA & drg Laila Novpriati

  1. October 27, 2020

    Anak saya umur 6 tahun. Gigi anak saya sama persis seperti di ilustrasi Gambar.1, dan gigi susu yang diluar baru saja dicabut karena sudah goyang. Pertanyaan saya apakah gigi permanen yang dibelakangnya akan maju kedepan sehingga sejajar dengan gigi-gigi lainnya?. Berapa lama diamati, ciri gigi tidak akan kembali sejajar. Terimakasih banyak dok atas pertolongan jawabannya.

    • November 11, 2020

      Hallo pak Syam…

      Betul pak, perlahan gigi tetapnya akan maju mengisi tempat yg ditinggalkan gigi susu yang sudah dicabut. Lamanya bisa kira2 sampai 2 tahun, sampai gigi tersebut tumbuh sempurna.

      • July 4, 2021

        Anak saya umur 6 tahun. Gigi anak saya sama persis seperti di ilustrasi Gambar.1, cuman punya anak saya gigi permanen nya yg tumbuh itu 2 sekaligus, dan gigi susu yang diluar belum tanggal atau goyang semua. Pertanyaan saya apakah gigi permanen yang dibelakangnya akan maju kedepan sehingga sejajar dengan gigi-gigi lainnya ? Dan apakah lambat laun akan goyang gigi susunya atau perlu ada tindakan dari dokter gigi ?Berapa lama diamati, ciri untuk gigi susu tsb bs goyang setelah gigi permanen nya sudah tumbuh dok? Soalnya saya takut jk gigi permanen akan sanggar atau akan tumbuh tidak sejajar seperti gigi susu sblmnya.Terimakasih banyak dok sebelumnya .

        • August 30, 2021

          Hallo mom Fetty,

          mohon maaf baru membalas komennya ya… gigi susu yang tidak goyang tetapi gigi tetapnya sudah tumbuh, sebaiknya dicek ke dokter gigi. Biasanya perlu dilakukan tindakan pencabutan gigi susu. Lebih jelasnya bisa nonton video youtube kita di https://www.youtube.com/watch?v=Bwe0sr5ImkI&t=5s
          Jika gigi susunya sudah dicabut, gigi tetap bisa maju mengisi ruangan yg ditinggalkan oleh gigi susu.

  2. February 12, 2021

    Dok gigi anak saya…gigi bawah depan sudah goyang2…..dan di belakangnya sudah tumbuh…… Apakah perlu di cabut…???

    • August 30, 2021

      Hallo mom Ruri,
      mohon maaf baru dibalas komennya… sebaiknya dibawa cek ke dokter gigi ya mom untuk memastikan apakah perlu dicabut atau tidak. Terima kasih

  3. April 8, 2021

    Anaka saya berumur 7 tahun dengan gigi geraham berlubang. apa gigi tersebut bisa dicabut supaya gigi permanen bisa tumbuh?

    • August 30, 2021

      Hallo mom Alit…
      Sebaiknya dicek ke dokter gigi dulu ya mom gigi yg berlubang mungkin masih bisa dirawat & tidak perlu dicabut. Terima kasih

  4. June 9, 2021

    Mlm sok, anak saya umur 3thn 2 bln, giginya bermasalah, rahang atas bagian depan karies sampai rata dng gusi, dan semua gerahamnya berlubang. Apa yg sebaiknya saya lakukan dok? Segera bawa ke dr gigi atau tunggu gigi susu ini tanggal dng sendirinya? Tp yg rata dng gusi ini apakah bisa tanggal tanpa di cabut? Mohon solusinya dok. Terima kasih

  5. June 9, 2021

    Mlm dok, anak saya umur 3thn 2 bln, giginya bermasalah, rahang atas bagian depan karies sampai rata dng gusi, dan semua gerahamnya berlubang. Apa yg sebaiknya saya lakukan dok? Segera bawa ke dr gigi atau tunggu gigi susu ini tanggal dng sendirinya? Tp yg rata dng gusi ini apakah bisa tanggal tanpa di cabut? Mohon solusinya dok. Terima kasih

    • August 30, 2021

      Dear mom Vini,
      Saya sarankan dibawa ke dokter gigi ya mom… karena gigi susu yg rusak bisa menyebabkan infeksi. Selain itu mom juga wajib merubah kebiasaan ya… hal ini terjadi karena kebiasaan perawatan gigi yg salah di rumah. Sila cek risiko karies anak di : http://kidzdental.co.id/caries-risk-assessment/ , hasil pemeriksaan & saran2 akan dikirim ke email mom.Terima kasih

  6. August 6, 2021

    Dok kebetulan gigi seri bawah anak saya yaitu 2 gigi seri tengah dan 1 gigi seri lateral hampir bersamaan tanggal.

    Masalahnya sekarang dok, dari ketiga gigi yang tanggal, 2 gigi seri tengah bawah sudah diganti dengan gigi permanen. Sementara gigi lateral tidak mendapatkan celah untuk tumbuh (karena tempat tumbuhnya ditumbuhi oleh gigi seri tengah)..

    Jadi sekarang anak saya yang masih usia 6 tahun hanya mempunyai 3 gigi seri bawah.

    Apakah tidak apa2 dok? Atau ada solusinya agar anak saya bisa memiliki 4 gigi seri bawah?

    Mohon pencerahannya

    • August 30, 2021

      Hallo mom Atri… sebaiknya dibawa cek ke dokter gigi terdekat ya, untuk pemeriksaan lebih lanjut & menentukan tindakan selanjutnya

  7. August 16, 2021

    Anak sy umur 10thn,sy bru tau klo ada gigi yg tumbuh d depan gigi geraham pertama barisan atas,padahal gigi sebelum nya ga goyang sama sekali,itu bagaimana cara mengatasi nya dok?

    • August 30, 2021

      Hallo Mom Lenny… sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi ya mom… saya tidak bisa merekomendasikan perawatan jika tidak mengecek 🙂

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

For emergency cases        0858 8329 9150