Tumbuh Gigi

Sering sekali mindok ditanyakan oleh parents soal tumbuh gigi si kecil. Ada beberapa diantaranya yang merasa khawatir akan kondisi si kecil. Jadi, perlu tidak ya kita khawatir ketika si kecil belum juga tumbuh gigi? Yuk simak penjelasan mindok kali!

Pada dasarnya, waktu tumbuh gigi si kecil itu bervariasi, banyak faktor yang berpengaruh, seperti:

  1. Genetik.
  2. Berat badan saat lahir.
  3. Prematur atau tidak.
  4. Punya sindroma tertentu atau tidak.

Selain itu, gigi dapat atau tidak tumbuh secara berpasangan. Serta, dapat tumbuh tidak berurutan sesuai urutan tumbuh gigi.

Gigi pertama tumbuh sebelum 6 bulan:

  • Normal
  • Gigi dewasa dapat tumbuh lebih cepat.

Gigi pertama tumbuh sesudah 12 bulan:

  • Normal
  • Gigi dewasa dapat tumbuh lebih lambat.

Jadi, parents tidak perlu khawatir yaa jika si kecil belum tumbuh gigi juga, karena itu bisa bervariasi. Dan sekitar usia 30-36 bulan biasanya sudah tumbuh semua gigi susunya. Yang penting secara bertahap kita tetap meningkatkan tekstur MPASI anak, supaya otot-otot pengunyahannya juga dapat terstimulasi. Meskipun anak belum mempunyai gigi, anak tetap bisa mengunyah dan menggiling makanan kok, parents. Namun, jika usia 18 bulan masih belum ada gigi, segera cek ke dokter gigi anak yaa parents.

Gigi tumbuh miring, tidak rata, tidak rapih? Tidak perlu khawatir yaa parents. Karena hal tersebut juga normal dan memang itu sudah bawaan dari lahir. Yang sekarang bisa kita lakukan adalah menjaga supaya gigi susu yang sudah tumbuh itu tetap sehat dan terawat, sehingga dapat menjalankan fungsinya hingga akhir jabatannya.

Nah, gimana nih parents setelah membaca artikel ini? Semoga dapat tercerahkan yaa atas kekhawatirannya.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Copyright 2022 | All Right Reserved | Owned by PT PURI DENTAL KIDZ

Ruko Golden Madrid 1 Blok B No. 18 Seberang Pasar Modern BSD City | Telp : 021-531 604 31