Menghentikan Kebiasaan Minum Susu Botol

Halo moms, sudah tahu kan kalau minum susu sebagai pengantar tidur dapat menyebabkan karies gigi pada anak? Lebih jelasnya sila baca artikel “Waspadai Karies pada Gigi Susu Anak akibat Kebiasaan Minum Susu Sebagai Pengantar Tidur”. Lalu bagaimana cara menghentikan kebiasaan tersebut ya?

Yuk simak tips-tips berikut ini:

  1. Mengganti dot susu dengan dot air

    Prinsip cara ini adalah membuat anak kenyang sebelum tidur, sehingga sesaat sebelum tidur anak bisa tidur cukup dengan dot air putih saja.Kira-kira 2 jam sebelum waktu tidur beri anak makanan padat, lalu 1 jam kemudian bila mau diberikan susu, boleh di awal masih dengan dot, lalu bertahap diganti dengan sippy cup, sedotan, gelas dsb).Setelah itu ajak anak menyikat gigi, alihkan anak dengan ritual sebelum tidur lainnya, seperti: membaca buku, menggelapkan lampu kamar, mendengarkan musik dsb, berikan dot isi air putih jika anak masih ingin menghisap sesuatu, bila anak terbangun tengah malam juga bisa diberikan kembali botol dot berisi air putih.
  1. Beri pengertian ke anak

    Bila anak sudah cukup besar, moms bisa jelaskan ke anak untuk mulai belajar untuk tidak minum susu menggunakan dot lagi. “Kakak kan sudah besar, jadi tidak pakai dot lagi ya, kita pakai gelas saja yuuk”.Secara bertahap mulai ganti kebiasaan minum susu dengan dot siang hari dengan gelas, lalu mulai meningkat malam hari akhirnya tidak minum susu dengan dot sama sekali.Pasti pada awalnya anak akan rewel, namun moms harus konsisten sehingga lama-lama anak akan terbiasa tidak minum susu dengan botol dot lagi.

Menghentikan Kebiasaan Minum Susu Botol

  1. Menyapih dadakan atau menghilangkan langsung semua botol susu

    Menyapih botol dot dengan teknik dadakan alias langsung hilangkan semua botol dotnya atau bertahap dalam beberapa bulan.Dalam artikel di webmd disebutkan terdapat teknik “cold turkey” yaitu memberitahu anak bahwa hari ini adalah hari terakhirnya menggunakan botol dot, dan keesokannya seluruh botol sudah lenyap dan digantikan minum susu dengan “gelas anak besar”.Tentunya prosesnya melalui komunikasi beberapa hari sebelumnya dengan bayi atau anak, bahwa ia harus berusaha menghentikan kebiasaan ngedotnya pada waktu yang sudah ditentukan.
  1. Menyapih perlahan

    Bisa juga menyapih secara perlahan misal dari empat botol sehari, maka salah satunya beralih ke gelas, sehingga botol dotnya hanya tiga kali sehari. Lalu berlanjut menjadi dua gelas per hari dan seterusnya sampai selesai tanpa botol dot sama sekali.Menghentikan Kebiasaan Minum Susu Botol
  1. Mengencerkan susu dalam botol dot

    Encerkan susu yang ada di dalam botol dot, dan isi gelas dengan susu dalam takaran biasanya, sehingga anak akan merasa susu di gelas lebih enak dibandingkan dengan susu di dalam botol dot.
  1. Rewards

    Berilah pujian kepada anak karena kemamampuannya untuk mengurangi sampai bisa menghentikan kebiasaan minum susu dengan botol dot. Tunjukkan bahwa ia sudah besar sehingga tidak perlu lagi pakai dot.
  1. Tidak memberikan botol dot sejak awal

    Tips selanjutnya adalah tidak mengenalkan anak sama sekali dengan botol dot, dari awal anak sudah dibiasakan minum langsung dari gelas.Menghentikan Kebiasaan Minum Susu Botol

Nah, demikian beberapa tips menghentikan minum susu botol pada anak moms. Cara manapun yang dipilih pasti akan sulit di awal, namun moms jangan patah semangat dan jangan mundur.

Tetap konsisten lakukan minimal 1 minggu berturut-turut, maka anak akan mengerti dan terbiasa. Tentunya dengan tetap memberi pengertian kepada anak dan penuh kasih sayang.

Moms punya pengaalaman menghentikan kebiasaan minum susu botol sebagai pengantar tidur? Silakan share di kolom comment ya… Selamat mencoba & semoga bermanfaat.

Sumber:

https://www.webmd.com/parenting/baby/features/bottle-to-cup#1

Artikel oleh : drg. Melissa Antonia, Sp.KGA , drg. Laila Novpriati

Infografik oleh : drg. Edith Ekaputri

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

For emergency cases        0858 8329 9150