Pengaplikasian Fluoride

Halo, parents! Membawa anak ke dokter gigi memang merupakan pilihan yang sangat tepat untuk kesehatan gigi anak. Apalagi jika gigi anak sudah mengalami bercak keputihan atau tanda-tanda mengalami karies. Nah, dalam penanganannya, terkadang dokter gigi mengaplikasikan fluoride kepada gigi si kecil. Untuk apa yaa kira-kira? Yuk simak penjelasan mindok berikut ini!

Aplikasi gel/varnish fluor mengandung fluoride dosis tinggi. Tujuannya yaitu untuk memperkuat gigi. Direkomendasikan oleh Kemenkes dan organisasi dokter gigi anak dunia selain menyikat gigi dengan odol fluoride. Fungsi dari penggunaan tersebut yaitu untuk membantu mencegah gigi berlubang, memperlambatnya atau menghentikannya agar tidak bertambah parah. Selain itu, pengaplikasian fluoride di dokter gigi berfungsi untuk memperkuat enamel gigi (lapisan luar pada gigi). Namun parents, jika gigi sudah berbentuk ceruk atau lubang, maka varnish fluor tidak dapat mengembalikan kondisi gigi seperti semula. Perawatan gigi berlubang adalah dengan melakukan penambalan atau perawatan syaraf hingga pencabutan. Tergantung keparahan lubang gigi.

Perawatan varnish fluoride  direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics, dilakukan tiap 3 sampai 6 bulan sekali, tergantung risiko karies anak. Selain itu, dapat juga dilakukan saat gigi anak pertama kali tumbuh, tergantung risiko karies anak.

Aman tidak yaa dok pengaplikasian varnish fluoride? Tenang saja parents, pengaplikasian varnish fluoride aman bila diaplikasikan oleh dokter gigi untuk membantu mencegah kerusakan gigi pada anak. Perlu diperhatikan yaa, parents, varnish fluoride tidak boleh diaplikasikan sendiri di rumah, karena mengandung fluoride dosis tinggi, kira-kira 20x kadar fluoride dalam pasta gigi, sehingga berbahaya jika tertelan. Hati-hati jika ada online shop yang menjual bahan ini.

Apakah semua anak memerlukan tindakan varnish fluor? Berdasarkan hasil riset, tindakan aplikasi varnish fluor terbukti efektif dalam pencegahan gigi berlubang. Anak-anak yang perlu dilakukan tindakan varnish fluor terutama adalah anak dengan risiko karies tinggi. Misalnya:

  1. Memiliki email rapuh bawaan lahir
  2. Anak berkebutuhan khusus atau memiliki penyakit medis berat
  3. Anak yang masih belum bisa disapih (masih nyusu sebagai pengantar tidur)
  4. Gigi yang sudah ada bercak putih atau cikal bakal karies gigi.

Konsultasikan dengan dokter gigi parents apakah anak perlu tindakan ini. Tindakan ini juga bisa dilakukan dan efektif mencegah gigi berlubang untuk orang dewasa lho! Aplikasi fluoride juga bisa dilakukan di Kidz Dental nih, parents. Jika parents atau si kecil ingin mengonsultasikan terkait tindakan ini di Kidz Dental, parents bisa langsung klik link disini, lalu pilih cabang terdekat yaa. https://linktr.ee/kidzdentalortho

Kidz Dental, klinik spesialis gigi anak, behel gigi dan dewasa hadir di 10 cabang, diantaranya:

  • Bandung: Jalan Antapani Lama No.14
  • Bogor: (instagram: @rvbogor)
  • Bekasi: Sebrang Fresh Market Grand Galaxy City
  • Gading Serpong: (insragram: @klinikharapansehati)
  • Scientia Square Park: (instagram: @scientiasquare.park)
  • BSD: Sebrang Pasar Modern BSD
  • Puri Indah
  • Siloam Kebon Jeruk: (instagram: @siloamkebonjeruk)
  • Siloam MRCC Semanggi
  • Siloam TB Simatupang
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

Copyright 2022 | All Right Reserved | Owned by PT PURI DENTAL KIDZ

Ruko Golden Madrid 1 Blok B No. 18 Seberang Pasar Modern BSD City | Telp : 021-531 604 31