Gigi Anak Berlubang, Tambal Atau Tunggu Ganti?

You are currently viewing Gigi Anak Berlubang, Tambal Atau Tunggu Ganti?

 

“Hallo mindok, anak saya usia 4 tahun, gigi geraham berlubang & butuh ditambal. Lebih baik mana? Anak ke dokter gigi tapi nangis-nangis jerit-jerit, atau didiemin aja nanti juga tumbuh sendiri, yang penting anak gak trauma“

Hi Parents! Demikian salah satu pertanyaan yang masuk ke DM @kidzdentalortho terkait gigi anak yang berlubang. Yuk kita bahas kasus ini!

Gigi geraham anak usia 4 tahun berlubang sebaiknya dibawa untuk dicek ke dokter gigi lalu ditambal ya Parents. Mengapa?

Alasan Mengapa Gigi Geraham Anak usia 4 tahun berlubang sebaiknya ditambal:

  1. Gigi geraham pengganti tumbuhnya baru saat umur 10-12 tahun, ada selang waktu 6-8 tahun yang berisiko besar anak akan sering merasakan sakit gigi karena gigi berlubang tersebut. Pada gigi susu, di dalam tulang sedang terbentuk benih-benih gigi tetapnya, tepat di bawah gigi susunya.
  1. Jika gigi susu bermasalah, misalnya bengkak bisa mempengaruhi pertumbuhan benih gigi tetap yang sedang berkembang di bawahnya

Posisi Gigi Susu Dan Benih Gigi Tetap

Gambaran posisi gigi susu dan benih gigi tetap

Bisa lihat gambar di atas posisi ujung akar gigi susu memiliki jarak yang sangat dekat dengan benih gigi tetapnya. Jika ada infeksi pada gigi susu, maka bisa mempengaruhi pembentukan gigi tetap menjadi kurang sempurna. Misalnya: enamelnya menjadi kurang padat dan akhirnya nanti juga rentan karies saat tumbuh.

  1. Gigi berlubang dapat menyebabkan anak tidak napsu makan dan akan mengganggu pertumbuhannya.

Gigi yang berlubang terutama gigi geraham, dapat membuat anak tidak nyaman saat makan. Akibatnya anak malas makan dan bisa menyebabkan kekurangan nutrisi.

Semoga dapat mencerahkan kebingungan-kebingungan Parents. Jika gigi anak berlubang, disarankan untuk segera cek ke dokter gigi. Jika Parents ingin membuat janji kunjungan ke Kidz Dental, sila klik disini lalu pilih cabang terdekat.