Apakah Polip Pulpa?

Daging dalam Lubang Gigi

Haloo moms, pernah mengalami atau melihat tumbuh daging di dalam gigi yang berlubang besar? Kondisi ini dalam medis disebut sebagai Polip Pulpa, dan cukup sering terjadi pada anak. Yuk kita kenali lebih lanjut moms…

Polip pulpa, atau pulpitis hiperplasia kronis merupakan suatu kelainan di mana terjadi pembesaran pada pulpa gigi (bagian tengah gigi yang berisi jaringan saraf, pembuluh darah dan sel pembentuk gigi). Pembesaran jaringan ini disebabkan oleh peradangan.

Daging di Gigi 1

Gambar 1. Tampilan Polip Pulpa

Jika gigi berlubang besar telah mencapai syaraf gigi (pulpa) atau gigi patah hingga pulpa terbuka, maka pulpa akan terpapar oleh iritasi, sisa-sisa makanan, infeksi bakteri, dll sehingga menyebabkan reaksi peradangan. Reaksi radang inilah yang memicu pertumbuhan jaringan dan membentuk polip.

Pada anak kecil sering terjadi pada gigi depan atas akibat trauma dan patah gigi hingga pulpa terbuka

Gejala Polip Pulpa

Gejala-gejala polip pulpa yang mudah diamati adalah sebagai berikut:

  • Munculnya suatu benjolan jaringan lunak berwarna merah di dalam lubang gigi atau retakan gigi.
  • Mudah berdarah bila tersentuh
  • Bisa menimbulkan rasa sakit ataupun tidak.

Apa yah yang harus dilakukan?

Polip pulpa pada anak jika tidak ditangani akan sangat mengganggu anak. Biasanya anak jadi kurang napsu makan, tidak mau disikat giginya karena takut sakit dan berdarah. Oleh sebab itu sebaiknya :

  1. Segera konsultasi dan cek ke dokter gigi
  2. Perawatan yang akan dilakukan oleh dokter gigi tergantung dari kondisi giginya, bila gigi masih memungkinkan untuk dipertahankan maka polip pulpa akan diambil dilanjutkan dengan perawatan syaraf gigi dan penambalan permanen.
  3. Apabila kondisi gigi tidak dapat dipertahankan maka tindakan yang dilakukan berupa pencabutan.

Daging di Gigi 2

Nah, sekarang moms sudah lebih kenal ya terkait polip pulpa, dimana penyebabnya bisa akibat lubang gigi yang besar atau terjadi trauma pada gigi. Jika si kecil memiliki polip pulpa, segera bawa cek ke dokter gigi ya. Untuk moms yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, dapat mengunjungi klinik kami yang tersebar di 7 cabang di Jakarta, Tangerang dan Bekasi berikut ini (klik untuk melihat lebih lanjut masing-masing cabang):

Sumber:

Artikel ditulis oleh : drg. Laila Novpriati & drg. Melissa Antonia, Sp.KGA

Infogarifk oleh : drg. Edith Ekaputri

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

For emergency cases        0858 8329 9150